Sajada Wajhiya

Menurut seorang kenalan, sufisme tidak lain adalah kebuntuan hidup yang diperturutkan. Dia memaki-maki para sufi, dan menolak mentah-mentah idiologi mereka, seraya mengatakan bahwa para sufi memelihara kemunafikan terselubung dalam diri mereka. Tentu saja, aku sempat panas mendengar ini. Bagaimana tidak, wong ketertarikanku dengan sufisme sempat membuatku takluk di bawah buku-buku mereka, mempraktikan sedikit ajaran mereka, dan dengan senang hati membawa nama mereka ke dalam karya-karyaku. Mempelajari sejarah hidup mereka juga menjadi kesibukan yang pernah membelenggu, mengalahkan minatku terhadap pelajaran-pelajaran politik dan membaca buku-buku praktis.

Dus, mlihat cangkem temanku yang meloncat-loncat ini, aku ingin mengkaploknya dengan sekuat tenaga. Dengan segenap keyakinan untuk menunjukkan bahwa aku sangat tersinggung. Namun beberapa detik sebelum tanganku bergerak cepat, aku teringat tokoh-tokoh sufi itu. Mereka tidak pernah menggubris ketika mereka dihina. Dan tiba-tiba aku merasa malu, mengapa aku yang mengidolakan mereka justru menjadi demikian muntab? Mengapa ketika orang lain yang dihina justru aku malah yang marah, ketika yang dihina tidak menampakkan wajah merahnya sama sekali?

Sekali lagi, kutatap wajah temanku, kenalanku, dan kulihat setitik hitam menggarut di jidatnya. Dia tentu sering bersujud. Sering merendahkan dirinya di hadapan Tuhan. Sering membaca "Subhanallahi rabiyal a'la wa bihamdih: Maha suci tuhanku yang maha tinggi..." Maha tinggi, maha agung. Tapi mengapa dia tak mengagungkan; atau setidaknya menghormati manusia lain? Mengapa tidak? atau kalaupun hendak mengkritisi, setidaknya dengan kata-kata yang tidak terlalu kasar?

ah, aku hanya ingin bersujud saja. memohon ampunan, semoga kawanku ini diberi ampunan.

2 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
lisatina said...

Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain,
tenang,,sekarang ada yang akan menghibur kalian sekaligus
mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan
mengecewakan kalian deh...

yuk ikutan gabung bersama Pesonasaya.com
Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,3 - 0.5% / Hari
Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah
* 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24 Online Setiap hari melalui :
* PIN BBM : 7A996166
* WA : +85511817618

Salam Sukses Pesonaqq.com